budidaya kubis/kol di dataran rendah

siapa yang bilang tanaman kubis tidak bisa tumbuh di dataran rendah???

berawal dari ketertarikan saya dengan pertanian, saya mencoba menentang pendapat - pendapat tentang budidaya tanaman kubis yang katanya hanya akan tumbuh baik pada dataran tinggi. saat ini saya bereksperimen menanam kubis dihalaman rumah dengan media polybag dan ternyata pertumbuhannya cukup bagus dan menggembirakan. dan kedepan saya akan membudidayakannya pada lahan terbuka.


tanpa banyak prolog saya akan mencoba berbagi pengalaman..

1. Penyemaian
media semai
a. Baki/nampan Plastik beri lubang pada bagian bawah untuk rembesan air
b. Benih kubis saat ini saya mencoba varietas Hybrid white cabbage KAELO
c. Media semai Tanah lempung berpasir dan pupuk kandang perbandingan 1 : 2
d. Semprotan tangan
Cara penyemaian
a. Campurkan pupuk kandang dan tanah kemudian masukan dalam baki/nampan plastik
kemudian ratakan
b. Semprotkan air menggunakan semprotan tangan hingga jenuh
c. letakan benih kubis berjajar rapi dengan jarak sekitar 3 cm dengan harapan
apabila sudah tumbuh saat memindahkan ke dalam polybag tidak merusak perakaran
d. taburkan campuran pupuk kandang dan tanah selapis tipis diatas benih
e. taruh bak penyemaian di tempat yang tidak terkena matahari langsung, siram pagi dan sore dengan air menggunakan semprotan tangan

2. PEMINDAHAN BIBIT KE POLYBAG
setelah benih tumbuh dan telah berdaun empat saatnya dipindahkan ke polybag berukuran berat sekitar 10 Kg. caranya siapkan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 2. polybag gulung polybag pada bagian atasnya kemudian isi dengan campuran tanah 1/3 bagian dari total tinggi polybag. potong tanah pada bak penyemaian persegi empat dengan bibit kubis pada bagian tengahnya sehingga diharapkan pemindahan benih tidak mengakibatkan tanaman layu. tempatkan polybag ditempat yang sinar matahari tidak lama menyinari atau apabila langsung ditempatkan pada sinar matahari langsung dengan lama penyinaran 8-12 maka berikan naungan pelepah pisang pada masing-masing tanaman. siram tanaman setiap pagi dan sore dengan catatan drainase harus baik.

3. PERAWATAN
penyiraman tanaman dilakukan setiap hari pada pagi dan sore atau minimal 1x pada sore hari. saat tanaman mulai tumbuh berikan pupuk kimia disini saya menggunakan pupuk lengkap mutira dengan takaran masing2 tanaman 1 g yang ditanamkan sekitar 5 cm dari tanaman kubis. setelah tanaman mulai besar dan berdaun sekitar 6-8 saatnya dilakukan pembumbunan dengan campuran tanah dan pupuk kandang. setinggi 2 - 3 cm, karena pada masa ini perakan tanaman sudah mulai mengisi seluruh bagian polybag. tujuan pembubunan ini adalah agar perakaran tanaman yang telah tumbuh sampai ke permukaan tanah dapat semakin berkembang. seiring dengan bertambah besarnya tanaman lakukan terus pembumbunan. untuk menambah pertumbuhan tanaman siramkan pupuk mutiara yang telah dilarutkan ke dalam air (jangan terlalu banyak pupuk yang dilarutkan atau larutan jangan sampai terlalu pekat karena akan berakibat kematian pada tanaman.

4. Panen
Tanaman akan mulai membentuk crop pada umur 2-3 BULAN dan dapat dipanen sekitar umur
4 bulan tergantung perawatan.


(selain kubis(kol), kembang kol juga bisa ditanam dengan metode yang sama

Comments

Popular Posts